Korean Masterchef Celebrity - episode 3

 On Monday, April 22, 2013  

Peserta Korean Masterchef Celebrity ep 3 memasuki ruangan. Para Juri memberi salam dan mengucapkan selamat pada peserta yang lolos sampai ep 3.
Semua peserta mengaku sekarang lebih sering membuka buku resep dan hanya bisa melihat makanan saja. Henry mengaku tidur dengan cukup dan ia siap menghadapi hari ini.



Juri meminta peserta menempati bench mereka masing-masing. Sin Bong Sun merasa tempatnya adalah yang paling buruk karena di depan ada para juri dan di sampingnya ada Fei. Juri dan Fei ketawa geli.

Misi pertama adalah mistery box.
Semua peserta mulai tegang saat akan membuka kotak. Tapi juri menghentikan hitungan dan tiba-tiba ada sekelompok orang lain masuk ke ruangan Master Chef.
Para artis mulai mengenali orang-orang yang masuk, ternyata mereka adalah sang manager.

Chef Kang : Mistery Box kali ini adalah para manager. Mereka akan membawakan bahan makanan, piring dan peralatan. Misi hari ini adalah memasak dengan bahan yang dibawa oleh para manager.
Son Ho Young merasa percaya diri karena managernya punya sertifikat memasak. Chef Kang memberikan waktu 5 menit pada para manager untuk berburu bahan makanan dll.
Para manager mulai lari ke pantry untuk mengambil bahan. Para artis tegang dan teriak2, jangan lupa ambil wajan, ambil apa saja yang ada di depanmu.
Stylist Henry, seorang wanita dan ia mengambil ikan. Bong Sun teriak2 pada Ji Hun, managernya untuk mengambil doenjang dll. Suasananya terlihat kacau, semuanya lari kesana-sini mencari bahan. Fei kelihatan bingung karena managernya mengambil bahan yang tidak sesuai dengan yang ia maksud haha.

Tony Ahn tampak stres karena bench-nya masih kosong sementara peserta lain sudah mulai penuh dengan bahan makanan dan peralatan.
Tony teriak2, aku tidak punya apa-apa! Para juri ketawa melihatnya, tapi manager Tony tampak masih sibuk mencari bahan. Tony bingung, managerku tidak datang2, sementara yang lain sudah datang dan pergi, aku tidak yakin apa dia bisa mendengarku atau tidak.
Manager Tony akhirnya datang, tapi Tony pusing karena piring yang diambil terlalu besar, apa aku bisa memenuhi piring ini.


 
Waktu habis. Henry menunjuk letak gula dan meminta stylist-nya mengambil gula, tapi Chef Kang melarangnya, tidak boleh Henry. Henry dan managernya hanya bisa pasrah. Henry membutuhkan gula untuk masakannya.

Manager Shin Bong Sun hanya membawa sayur mayur tanpa daging sama sekali. Juga membawa bumbu untuk sup pedas tanpa ikan sama sekali. Padahal bumbu pasta itu cocok untuk sup kuah ikan pedas (kaya tom yang kali ya). Para juri ketawa geli. Shin Bong Sun kesal dan berkata ke managernya, apa yang kau pikirkan. Bukannya kau suka daging?
Manager : Aku hanya membawa apa yang bisa kuraih dengan tanganku.

Manager Tony tidak bisa mendengar teriakan Tony dan hanya membawa apa yang ia pikir untuk membuat bulgogi. Tapi yang dibawa hanya buah2an dan daging.
Chef Kang tertawa : Ini cuma bahan dessert, apa anda akan membuat dessert?
Tony Anh hanya geleng kepala. Ia benar2 pusing.

Manager Lee Gae In juga membawa macam2 bahan. Manager/stylist Henry mengambil jahe dalam jumlah yang sangat banyak. Chef Kang heran, jahe segini banyak mau digunakan untuk apa? Henry dan managernya ngakak.
Henry tampak cemas, bagaimana kalau aku tidak bisa menggunakan semua bahannya? stylistku benar2 aneh.


Chef Kang menunjukkan cara yang benar untuk mengasah pisau pada Kim Sung Soo. Managernya membawa bahan yang sehat karena ingin membuat bibimbap tapi tidak membawa beras (bahan utamanya! wkk)
Manager Kim Sung Soo berkata tidak tahu letak beras.
Kim Sung Soo menunjukkan rumput laut dan berkata managernya membawa rumput laut ini karena tidak menemukan rumput laut kering. Semua juri ketawa. Belum cukup, Kim Sung So juga mengadu kalau managernya membawa cuka dan dua botol minyak wijen.
Masalahnya, tidak ada beras.  Jadi itu sebabnya Kim Sung Soo terus mengasah pisaunya hahaha..menakutkan.

Chef Kang meminta para peserta membuat makanan dengan bahan yang diambilkan orang lain dan ini menuntut kreativitas tinggi, waktu 55 menit. Mulai dari sekarang!
Para manager meninggalkan dapur dan naik ke lantai atas.

Peserta mulai masak dan mulai timbul masalah. Seperti Henry, awalnya ia ingin membuat ikan kukus, tapi panci pengukus yang diambil stylistnya terlalu kecil.

Shin Eun Jung akan membuat kalguksu seafood dan ia harus membuat mie dari awal, karena managernya membawa tepung dua kantung, tanpa gilingan kayu lagi wkk. Lalu Shin Eun Jung berpikir untuk mengubah resepnya. Tapi Eun Jung menemukan cara lain menggiling adonan, yaitu dengan menggunakan kayu yang biasa dipakai untuk tempat tissue gulung :)
Para manager merasa bersalah sementara para artis berusaha sebaik mungkin membuat masakan dari bahan yang ada.

Kim Sung Soo punya bahan yang bagus dan ia memutuskan membuat saus daging untuk masakannya.

Chef Kim mendekati Henry yang sibuk dengan ikannya, kau mau masak apa Henry? Henry ingin menggoreng ikannya. Chef Kim meminta Henry segera memasukkan ikan ke wajan dan menutup wajannya.
Henry bercanda : Jadi ini yang disebut dandy (rapi, elegan)
Juri Kim Soo Hee ketawa geli. 


Waktu tinggal 45 menit lagi dan masalahnya bertambah. Son Ho Young merasa jurinya bertambah satu, yaitu managernya sendiri yang juga bisa masak. Managernya ribut komen.
Fei bingung dan ngeri waktu harus membersihkan dan membuka tiram yang masih hidup. Chef Kang mendekat dan mengajarkan cara membuka tiram hidup, jangan menggunakan pisau Fei, karena itu bahaya. Pakai sendok, selipkan lalu cangkangnya akan terbuka dan kau bisa mengambil dagingnya. Fei senang sekali.
Sin Bong Sun mencoba membuat saus jenis baru, ia mencampur saus doenjang dengan kari, siapa yang mengira kalau rasanya akan sangat enak? (kebayang rasanya kaya nasi tumpang wkk..orang Jawa tahu itu)
Juri Kim mencicipi saus Bong Sun dan berkata rasanya terlalu kuat. (Belum coba masakan Padang dia haha)

Manager Fei memberi semangat dan menulis "Dewi Memasak Fei". Kim Soo Hee menegurnya, kenapa anda menulis seperti itu? Seharusnya anda membawakan bahan makanan yang sederhana, kenapa anda memberikan bahan2 ini dan menulis seperti itu untuk Fei?
Manager Fei hanya nyengir, mungkin sekaligus menggoda Kim Soo Hee yang punya julukan Dewi Masakan dari Wina.
Fei geleng kepala, dewi apanya? Sudah, turunkan poster itu haha.

Waktu sudah hampir habis, tinggal 10 detik lagi. Para Juri mulai menghitung mundur. Peserta sibuk menyiapkan masakannya dan akhirnya..selesai. Semua peserta bertepuk tangan dan menjauh dari bench.

Saatnya penilaian I
Juri sudah melihat semua proses memasaknya dan mereka akan memilih tiga masakan.


1. Henry

Henry memasak ikan goreng dengan saus. Awalnya ia ingin memasak ikan kukus tapi panci pengukusnya tidak cocok dengan ukuran ikannya, akhirnya Henry menggoreng ikan dan menyiramnya dengan saus buatannya sendiri.
Peserta lain langsung terpana, wow...masakannya keren. Kim Soo Hee juga memuji, kelihatannya bagus. Juri mencicipi masakan Henry dan tidak membuat komentar, ketiganya langsung duduk dan memanggil Kim Sung Soo.


2. Kim Sung Soo memasak sayuran dengan saus daging dan doenjang. Para Juri mencicipi lalu komen.
Juri Kang : Saya ingin tahu apa yang akan anda masak dan ternyata anda membuat ini. Anda benar2 kreatif. Kalau anda tidak pintar, anda tidak mungkin berpikir seperti ini.


Kim Sung Soo : Mmm..apa aku punya bakat masak?
Sayangnya, menurut Kim Soo Hee, sayurannya sejajar semua dan jadi asin karena ditambah saus daging di atasnya. (Mungkin kalau sayurannya dipisah dan sausnya diletakkan disekitar sayur, rasanya akan lebih pas. Manis dari sayur dan gurih dari daging.)

3. Son Ho Young.

Son Ho Young senang karena ini pertama kalinya ia dipanggil ke depan. Son Ho Young masak omurice dengan saus tomat dan chicken katsu. (Perasaan kaya bekal anak2)
Juri Kang : Son Ho Young-ssi, saya rasa kemampuan anda mulai muncul dengan perlahan. Anda menggulung nasi goreng dengan rapi dan memasak ayam dengan benar, rasanya enak.
Son Ho Young bahagia sekali.


Saatnya mengumumkan pemenang Mistery Box. Juri memuji masakan Son Ho Young, rasanya enak dan semua akan menyukainya. Meskipun masakan sederhana tapi tidak semua orang bisa menggulung telur dan menggoreng ayam seperti itu. Tapi, para juri berkata Ho Young belum akan menang untuk saat ini, jadi tolong kembali ke bench anda. wkk..
Son Ho Young mengaku ia sebenarnya benar2 ingin menang hari itu.

Juri No memuji Henry, karena saat memasak terlihat serius dan masakannya juga sangat dalam. Kalau Henry berlatih lebih serius lagi, maka pasti bisa membuat masakan yang hebat.
Juri Kim berkata Kim Sung Soo sudah membuatnya terkejut, meskipun Kim Sung Soo amatir, tapi masakannya membuatnya salut. Saya menghargai anda seperti koki profesional. Selamat.

Juri Kang : Sejujurnya, sulit untuk menentukan pemenangnya. Jadi, Kim Sung Soo dan Henry, anda berdua silahkan naik ke lantai dua.
Wow..jadi mereka berdua adalah pemenang Mistery Box. Kim Sung Soo dan Henry berpelukan senang.

Babak Eliminasi.Juri akan memulangkan 1 atau 2 orang peserta. Gelar Masterchef hanya bisa dimenangkan oleh seseorang yang punya keahlian dasar memasak yang kuat. Jadi misi babak eliminasi ini adalah ujian keahlian dasar.
Sin Bong Sun melihat bench-nya dan isinya hanya telur, minyak, peralatan, dan spatula. Ia sama sekali tidak tahu harus melakukan apa.


Juri No mengumumkan mereka kedatangan juri tamu untuk test kemampuan dasar. Semua bertepuk tangan. Chef bintang tamu itu keluar membawa sebuah nampan. Henry langsung komen, dia seperti karakter dragonball wkk..anak ini memang dasar.
Beliau adalah Masterchef Korea pertama, Kim Seung Min, dan misi untuk babak eliminasi kali ini adalah : Membuat Telur Gulung Kim Seung Min.

Semua takjub karena telur gulung itu benar2 besar. Fei bingung karena ia tidak pernah memakan telur gulung di rumah atau di luar rumah. (Jadi itu rahasia diet Fei)

Juri minta Kim Seung Min mengiris telur gulungnya dan menunjukkan seperti apa telur gulung yang bagus itu.

Para peserta serius mengamatinya. Telurnya tergulung dengan sangat rapat dan rapi. Tidak ada bagian yang lepas, benar-benar satu kesempurnaan.
Kim Seung Min : Jangan terlalu gugup dan fighting!!

Juri Kang berkata, test untuk eliminasi hari ini adalah membuat telur gulung sebaik mungkin. Peserta harus membuat telur gulung dari 10 butir telur yang ada dalam waktu 10 menit.
Semua syok, 10 menit? (wow..aku juga sepertinya bakal gagal, aku buat telur gulung dari 4 butir telur dalam 10 menit dan itu ngga rapat kaya gitu dan luarnya lebih coklat gak kuning emas kaya gitu sigh...)

Sin Bong Sun : Kenapa cuma 10 menit? Kukira waktunya 1 jam.
Sin Eun Jung : Kurasa aku butuh 10 menit hanya untu memecahkan telur, tanganku gemetaran.

Juri meminta Sin Bong Sun meneriakkan 'fighting' untuk para peserta lainnya. Sin Bong Sun teriak 'Aja!!/Fighting' dan semua tepuk tangan. Mulai.

Peserta sibuk memecahkan telur lalu mengocok dan mulai membuat dadar gulung.
Membuat telur gulung tidak semudah yang dibayangkan, pertama, mereka harus menghilangkan gelembung udara dengan mengocok telur dengan benar.

Hwa Yo Bi menambahkan garam dengan santai ke dalam telur. Hwa Yo Bi ini mudah stres, jadi dia melakukannya dengan perlahan untuk menenangkan pikirannya.

Setelah berjibaku membuat telur gulung, semua dengan susah payah berhasil menyelesaikan masakannya dalam 10 menit.
Sin Bong Sun berkata rasanya seperti naik roller coaster, ia tegang sekali.

Juri memanggil Fei dan Sin Eun Jung untuk dinilai pertama kali.
Fei : Telur gulung milik yang lain, benar2 mulus seperti kulit bayi, tapi milikku terlalu matang dan kecoklatan.

Ternyata setelah diiris, telur gulung milik Fei belum begitu matang. Masih ada air dari dalam telur. Yang bagian belakang belum matang.
Juri menilai telur buatan Sin Eun Jung. Ternyata tergulung dengan sempurna dan matang. Sin Eun Jung-ssi, silahkan naik ke atas. Wow..Sin Eun Jung yang pertama lolos dalam tes kemampuan dasar. Eun Jung naik ke atas untuk bergabung bersama Kim Sung Soo dan Henry.
Fei jalan kembali ke bench-nya.

Berikutnya, Sin Bong Sun dan Hwa Yo Bi. Juri menilai telur gulung buatan keduanya.
Telur buatan Hwa Yo Bi saat diiris ternyata masih terpisah, itu tandanya kurang matang. Juri Kim Soo Hee menekan telurnya, masih ada air yang keluar dari dalamnya.

Juri memeriksa telur buatan Sin Bong Sun. Bong Sun terlihat stres, warna luarnya kelihatan bagus, semoga dalamnya matang.
Ternyata setelah diiris, telurnya matang dan tidak terpisah. Dia membuatnya dengan benar. Juri juga menekan irisan telur. Lalu mereka berkata, Sin Bong Sun-ssi, silahkan naik ke atas. Sin Bong Sun lega sekali.

Sekarang, juri akan menilai telur buatan Son Ho Young dan Tony An.
Sayangnya, kedua telur gulung itu tidak matang dan mereka harus kembali ke bench lagi.

Babak Eliminasi IIAda lima seleb yang harus ikut tes untuk kedua kalinya. Fei, Tony An, Hwa Yo Bi, Son Ho Young dan Lee Gae In.
Sekali lagi, mereka harus membuat telur gulung dari 10 butir telur dalam waktu 10 menit.

Hwa Yo Bi sudah kelihatan hampir pingsan. Kim Sung Soo komen, itu bukan tahap dia tidak bisa melanjutkan syuting, dia kelihatan hampir pingsan saat syuting.

Kim Sung Soo dan yang lainnya berusaha menenangkan Hwa Yo Bi. Hwa Yo Bi mengeluh, ia seperti akan meledak. (Aku heran, kenapa dengan Hwa Yo Bi, pusing juga kalau syuting dengan orang seperti ini ya, mudah stres)
Hwa Yo Bi ingin menyerah sekarang, ia tidak sanggup lagi.


Sin Eun Jung dan yang lain dengan kompak menari dan memberikan semangat untuk Hwa Yo Bi. Akhirnya Hwa Yo Bi bisa tenang lagi.
Mereka harus membuat telur gulung lagi. Semua berusaha membuat dengan sesempurna mungkin.
Hwa Yo Bi merasa mendengar suara Ho Young, pinggirkan dan gulung.
 

Chef Kang ke Tony : Tony-ssi, jangan sampai tidak matang lagi.
Ho Young merasa sedih melihat rekan2nya harus berjuang seperti itu. Waktu selesai dan Juri minta Lee Gye In dan Fei maju ke depan

Fei - Lee Gye In
Juri mengiris telur gulung milik Lee Gye In, ternyata matang. Tapi ada banyak lubang.
Sedangkan telur gulung milik Fei, bukannya tidak matang tapi ada lubang2nya juga. Jadi mereka harus kembali ke bench lagi. Astaga.

Tony An - Hwa Yo Bi
Berikutnya, Hwa Yo Bi dan Tony An.
Juri menilai buatan Hwa Yo Bi dan mereka senang, wow...anda melakukannya dengan baik.
Sedangkan telur gulung milik Tony An, tidak matang lagi.

Juri Kim Soo Hee : Hwa Yo Bi, ah..berhentilah menangis, kalau mau menangis ke atas saja.

Hwa Yo Bi ternyata lolos. Sin Eun Jung dan Sin Bong Sun turun untuk merangkul Hwa Yo Bi dan menemaninya ke atas. Sementara Tony harus kembali ke bench-nya.


Babak Eliminasi TerakhirSekarang, tinggal 3 seleb lagi : Fei, Tony An dan Lee Kye In.
Fei dan Tony benar2 tegang karena mereka sebenarnya lumayan berbakat memasak, tapi kurang menguasai teknik membuat telur gulung. Mereka harus masuk ke babak penyisihan terakhir.
 

Ketiganya harus membuat hal yang sama lagi, membuat telur gulung, dari 10 butir telur dalam waktu 10 menit. (Terus terang, kalau aku, sepertinya akan puasa telur 1 atau 2 bulan setelah membuat semua telur gulung itu haha..atau tidur dan mimpi dikejar telur)


Lee Kye In sudah sangat kelelahan dan tegang, ia lupa melumasi wajan dengan minyak. Sampai ia harus mengembalikan telurnya lagi ke mangkuk dan membersihkan wajan, benar-benar kacau.
Semua peserta yang sudah lolos juga mengamati rekan2nya dengan tegang. Btw, Kim Sung Soo dekat sekali dengan Hwa Yo Bi wkk.
Tony dan Fei berusaha sebaik mungkin, keduanya tidak mau menyerah.  Waktu tinggal 5 menit lagi.
Semua merasa waktu berlalu begitu cepat dan membutuhkan keajaiban. Mereka tidak menghiraukan panas wajan dan telur lagi, mereka menggulung telur dengan tangan. Lee Kye In sampai melepuh jarinya.
Akhirnya waktu selesai. Letakkan di piring saji.

Juri memanggil ketiganya sekaligus ke depan untuk dinilai. Juri komen, penampilan telurnya kelihatan sama dari luar.
Fei-Tony An-Lee Kye In
Juri menilai buatan Lee Kye In dulu. Ada lubang yang besar di tengah telur.
Buatan Tony, ternyata matang. Tony lega sekali.  Hidupku sekarang sempurna.
 

Juri mengecek telur gulung Fei. Mereka tidak mengatakan apapun.
Juri berkata ke Tony, buatan anda yang terbaik, sekarang naiklah ke atas. Tony lega, terima kasih. Rasanya seperti pergi ke acara menyanyi dan aku menyanyi dengan bagus.

Fei menangis, ia merasa tidak berusaha dengan baik. Lee Gye In minta Fei tidak menangis, kau sudah bekerja dengan baik.
Juri : Kami akan segera mengumumkannya.
Juri Kang : Lee Gye In-ssi...
Lee Gye In sudah siap membuka apron-nya. Tangannya sudah ada di punggung, siap menarik tali apron.

Lee Gye In-ssi, silahkan meninggalkan dapur Masterchef dan tinggalkan celemek anda.
Lee Gye In ketawa lebar, kurasa itu sudah jelas dan aku akan pergi dengan senang hati. Fei masih menangis, antara lega dan sedih. Peserta lain juga menangis sedih.

Lee Gye In memberikan tanda salut ke arah juri dan yang lain. "Selama waktu ini, kurasa aku belajar mengenai kehidupan. Aku akan menjalani sisa hidupku dengan baik. Kalau diingat, sungguh menarik bisa ikut kompetisi ini. Meskipun aku seolah bisa menguasai dapur, aku tidak pernah bekerja di dapur sebelumnya. Aku berpikir, kapan aku bisa bekerja sama dengan teman-teman ini lagi."
 

Semua peserta turun dan bertepuk tangan untuk Lee Gye In. Mereka memeluk Lee. Lee sudah merasa dekat dengan semuanya. Lee jalan pergi, semua membungkuk melepas Lee Gye In. Bye..!
KMC [1], [2]

Bts : Wajah lucu Henry yang tidak disadari Kim Sung Soo hehe..ada-ada saja anak ini.
Korean Masterchef Celebrity - episode 3 4.5 5 Beetlebum Monday, April 22, 2013 Peserta Korean Masterchef Celebrity ep 3 memasuki ruangan. Para Juri memberi salam dan mengucapkan s...


No comments:

Post a Comment