Tetap Sehat & Semangat Walau Seharian Di Depan Komputer

 On Sunday, November 6, 2011  

Menggunakan komputer adalah salah satu rutinitas bagi sebagian orang, mulai dari pegawai kantoran, pelajar, hingga seorang pengguna internet yang aktif. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa terlalu lama di depan komputer itu kurang baik bagi kesehatan tubuh. Nah, untuk itulah kali ini kami akan berbagi tips supaya tubuh tetap sehat meski berada di depan komputer dalam waktu yang cukup lama.

Semoga dengan membaca artikel ini, pengetahuan sobat JC, menjadi makin banyak dan tubuh kita tetap sehat. Langsung aja kita ke TKP.

1. Gunakan Komputer dengan Posisi yang Proporsional

Posisi proporsional maksudnya adalah posisi komputer dan tubuh kita harus enjoy dan cocok. Pokoknya posisi komputer dengan tubuh Anda harus sesuai. Misalnya letakkan posisi keyboard pada posisi yang nyaman dan sobat sukai, usahakan supaya letak monitor dan pandangan mata Anda tidak terlalu dekat. Usahakan ada jarak yang cukup jauh dari monitor dengan mata Anda, ya minimal 40 cm atau lebih. Yang pasti atur posisi sebaik dan senyaman mungkin ketika Anda menggunakan komputer.

2. Beristirahatlah Setiap Satu Jam

Saya yakin ketika Anda menggunakan komputer, sudah pasti posisinya duduk bukan? Atau mungkin di antara sobat ada yang memakai komputer sambil berdiri atau sambil lari di tempat? Hehehe.. nggak kan.

Dan seperti yang sudah sering kita baca dan dengar bahwa terlalu lama duduk itu kurang baik, untuk itu beristirahatlah setiap satu jam, relax kanlah tubuh Anda, lakukan gerakan-gerakan kecil seperti berjalan, atau sekedar ambil minum atau dengar musik, so keep enjoy aja ya ^_^.

3. Gunakan Komputer Pada Ruangan yang Cukup Cahaya

Ketika Anda bekerja dengan komputer, pastikan cahaya yang tersedia itu cukup. Bukalah jendela ruang kerja Anda (jika siang hari), tambahkan lampu jika memang dibutuhkan, pokoknya pastikan cahaya nya cukup, jangan sampai Anda bekerja pada ruangan yang kekurangan cahaya, karena itu bisa merusak mata. Nggak mau kan kalau kesehatan mata kita terganggu?

4. Beristirahatlah Jika Memang Sudah Terlalalu Lama di Depan Komputer

Jika Anda sudah benar-benar capek, istirahatlah. Kesehatan itu penting. Secara normal, tubuh tidak akan tahan jika harus duduk terlalu lama. Untuk itu sayangilah tubuh Anda, jika memang sudah teralalu lama, hentikanlah pekerjaan Anda di komputer. Matikan komputer lalu nikmatilah kehidupan Anda, Anda bisa jalan-jalan ke rumah teman (pacar.. kalau ada ^_^), jalan-jalan pakai sepeda onthel atau apapun yang positif.

5. Setelah Selesai Bekerja di Komputer Segera Aktifkan Tubuh Anda

Duduk yang terlalu lama itu tidak baik, untuk itu harus ada kegiatan yang bisa mengimbangi duduk kita yang terlalu lama. Setelah selesai menggunakan komputer, atau jika Anda punya waktu luang, maka Anda bisa melakukan berbagai kegiatan positif, seperti berjalan-jalan (sekalian cari inspirasi.. :D), olahraga, main musik (kalau saya suka main drum), atau mungkin memasak dan masih banyak lagi kegiatan positif yang bisa Anda lakukan, dan yang lebih pentingnya, kegiatan positif bisa meningkatkan kreativitas kita lho.

Nah sobat, itulah 5 tips yang sudah terbukti mampu menjaga kesehatan kia meski sering bekerja di depan komputer. Pokoknya selalu jaga kesehatan dan pastikan tubuh Anda selalu menikmatinya. Jika Anda punya tips lain, mari bagikan pada kami dan pembaca lain melalui kolom komentar yang sudah ada di bawah artikel. Mari kita tingkatkan amal kita.
Tetap Sehat & Semangat Walau Seharian Di Depan Komputer 4.5 5 Beetlebum Sunday, November 6, 2011 Menggunakan komputer adalah salah satu rutinitas bagi sebagian orang, mulai dari pegawai kantoran, pelajar, hingga seorang pengguna internet...


No comments:

Post a Comment