Shark in a Flash

 On Friday, August 2, 2013  

Hi guys, untuk yang tidak sempat menonton Shark sendiri di internet atau tidak sempat membaca recapnya di DB (in English), aku coba kasih ringkasan-nya.

Kang Hee Soo
Intinya, ada di pertemuan Kakek Jo Sang Deuk dengan Profesor Kang Hee Soo di awal episode. Prof Kang dulu adalah aktifis perjuangan kemerdekaan Korea. Biasalah mahasiswa radikal yang suka demo, jadi ia ditangkap oleh pemerintah. Salah seorang yang bertugas menyiksa Kang Hee Soo muda adalah seorang yang punya julukan "Shadow", dia dalah Han Young Man, ayah Han Yi Soo.

Choi Byung Gi - Han Young Man
Selain Han Young Man, ada satu orang lagi teman seperjuangannya, yaitu Choi Byung Gi alias si Kakek pemilik toko buku yang suka membunuh dengan bolpen beracun itu.

Dalam episode 2, Kang Hee Soo menemui Kakek Jo malam-malam sambil membawa dokumen untuk meluruskan sejarah Korea. Kang Hee Soo tanya apa Kakek kenal dengan orang bernama Chun Young Bo. Kakek Jo saat itu mengaku tidak kenal, sebenarnya Chun Young Bo itu adalah identitas asli Kakek Jo.
Kang Hee Soo memperoleh dokumen sejarah itu dari Yoshimura. Yoshimura mendengar soal ini dari Kim Yoon Shik, ayahnya yang kata Kakek Jo adalah teman masa kecilnya. Hanya Kim Yoon Shik yang tahu identitas asli Kakek Jo, tapi Kakek Jo tetap tidak merasa aman dan akhirnya membunuh Kim Yoon Shik. Ayah Yoshimura-lah yang mengubur soal Kebenaran tentang Chun Young Bo


Jo Sang Deuk yang asli sudah dibunuh oleh Kakek Jo atau Chun Young Bo. Chun Young Bo mengambil identitas Jo Sang Deuk putra Jo In Guk seorang pahlawan Kemerdekaan Korea dan menikmati semua penghargaan serta kemakmuran keluarga Jo. Chun Young Bo ini seorang mata-mata Amerika Serikat, ia juga seorang militer Korea Utara yang melakukan pembantaian di sebuah kampung.
Ayah Yoshimura tahu identitas sebenarnya dan dibunuh oleh Kakek Jo. Itu sebabnya Yoshimura dendam dan selalu mencari jalan untuk mengungkap identitas pembunuh brutal itu. Yoshimura menemukan Han Yi Soo yang memiliki dendam yang sama dengannya, jadi ia memanfaatkan sekaligus membantu Yi Soo.


Kakek Jo bahkan mengasingkan istrinya karena takut rahasianya terbongkar dan menikah lagi dengan wanita lain. Jadi Nenek Hae Woo yang diketahui Hae Woo selama ini bukanlah Nenek kandungnya.

Itu menjelaskan saat ayah Hae Woo, Jo Ui Sun stres dan teriak pada ayahnya, apa yang sudah ayah lakukan pada ibu di ep awal.

Jo Sang Deuk asli (ki) - Chun Young Bo/Kakek Hae Woo(ka)
Han Young Man dibunuh karena ia membaca isi dokumen tentang Chun Young Bo, meskipun Han Young Man janji akan membawa rahasia itu sampai mati, Kakek Jo (Chun Young Bo) tetap merasa tidak aman. 

Prof Kang Hee Soo memang tanpa sengaja dibunuh oleh Han Young Man. Waktu Kang Hee Soo ingat bahwa Han Young Man adalah the Shadow, Young Man panik dan mendorong Kang Hee Soo masuk ke apartemen. Kang Hee Soo terus mengungkit soal masa lalu Han Young Man. Ayah Yi Soo stres dan mencekik Prof Kang Hee Soo sampai meninggal.

Han Young Man merasa bersalah dan mengaku di depan Kakek Jo. Kakek Jo pura-pura mengerti dan membiarkan Han Young Man menyerahkan diri ke polisi. Sebelum pergi ke kantor polisi dan meletakkan karangan bunga di tepi sungai, Han Young Man pergi mengunjungi keluarga aktivis yang sudah disiksanya. Ia merasa bersalah dan minta pengampunan.
Beberapa meter dari kantor polisi, Hang Young Man dibunuh oleh Choi Byung Gi. Kakek Jo takut, kalau Han Young Man mengaku pada polisi, maka itu akan memicu penyelidikan tentang Prof Kang dan hasil penelitiannya dan mau tidak mau pasti bisa mengungkap jati diri asli Chun Young Bo


Han Young Man dan Choi Byung Gi adalah orang yang terlibat dalam Gwangju massacre tahun 1980/pembantaian besar-besaran mirip peristiwa Tian an men atau Mei 98. (http://en.wikipedia.org/wiki/Gwangju_massacre). Saat Presiden Park Chung Hee (ayah Presiden Park sekarang) dibunuh dan diganti oleh Chun Doo Hwan, ada demo besar2an yang dilakukan di Gwangju.

Han Young Man sebenarnya ingin keluar dari kesatuannya tapi dilarang oleh seniornya, Choi Byung Gi alias si kakek bolpen ceklak-ceklik itu. Kakek bolpen mencuci otak Han Young Man, sehingga mengubah karakter Han Young Man yang semula baik serta sopan menjadi penyiksa kejam berdarah dingin yang tidak memiliki belas kasihan bernama Shadow.
Han Young Man dan Choi Byung Gi keduanya pernah menjadi polisi dan bekerja di Hotel Gaya.

Prof Kang Hee Soo memiliki anak laki-laki, tapi Kang Hee Soo tidak pernah tahu soal itu, sementara anak lakinya dibawa ke panti asuhan. Anak itu berganti nama menjadi Kim Soo Hyun. Selama ini, Kim Soo Hyun adalah asisten Hae Woo, dekat dengan Detektif Byun dan Yi Hyun. Tapi sebenarnya ia adalah teman seperjuangan Yi Soo. Yi Soo mencari Kim Soo Hyun saat anak itu lari dari panti asuhan. Kedua anak ini bertekad mencari tahu kebenaran dibalik kematian ayah mereka dan mengembalikan semua pada tempatnya. 

Waktu Yi Soo tahu bahwa ayahnya yang sudah membunuh ayah Soo Hyun (Yi Soo tahu karena berhasil mendapatkan informasi dari korban lain), ia sempat stress. So Hyun juga sempat marah dan pura-pura ingin membunuh Han Yi Soo. Tapi itu semua taktik keduanya untuk menjebak Choi Byung Gi dan Kakek Jo/Chun Young Bo.
Kim Soo Hyun tahu, sebenarnya Choi Byung Gi juga sudah ada dalam apartemen ayahnya dan memang berniat membunuh ayahnya, jadi kalau bukan Han Young Man, pasti Choi Byung Gi yang menghabisi ayahnya.

Polisi Jung Man Chul tahu rahasia ini, tapi sepertinya hanya tahu soal identitas saja dan akan menggunakannya untuk memeras Kakek Jo, tapi belum sempat melaksanakan niatnya, ia sudah dibunuh Han Yi Soo.
Kakek bolpen Choi Byung Gi tertangkap tapi tetap bungkam. Lalu ada polisi, kaki tangan Kakek Jo memberinya pil beracun, dan Choi Byung Gi akhirnya bunuh diri. Tapi Byung Gi sudah meninggalkan bukti untuk Yi Soo, Byun dan Hae Woo, yaitu semua catatan transaksi dan rekaman Kakek Jo yang menyuruhnya membunuh Detektif Oh, rekan Jung Man Chul yang menemukan foto Jo Sang Deuk asli.


Jo Sang Deuk alias Chun Young Bo ditangkap dan dipenjara tapi anak buahnya berhasil menembak tengkuk Yi Soo yang membuatnya koma sampai akhirnya meninggal setelah mencangkokkan livernya untuk Yi Hyun yang mendadak terkena penyakit yang membutuhkan cangkok liver. (Well, memang tidak mendadak, sudah ada gejala mimisan dari beberapa ep sebelumnya, hanya saja kesannya terlalu dipaksakan.)

Jadi hanya demi menutupi rahasianya, Kakek Jo alias Chun Young Bo asli melakukan pembunuhan demi pembunuhan. Sementara Yi Soo-Hae Woo-Jun Young- Soo Hyun hanyalah korban2nya. Bahkan ia juga membuat anaknya sendiri Jo Ui Sun menjadi pribadi yang menyedihkan, temperamental, tidak percaya diri dan sederet emosi negatif lainnya. Ia juga mengasingkan istrinya sendiri dan membuatnya meninggal dalam kesendirian (Untung ada orang yang bermurah hati mengurus dan menjaga nenek kandung Hae Woo sampai meninggal.)
Secara singkat seperti itulah ceritanya. Hope it helps.

Karakter yang membuatku merasa sedih :
1. Oh Jun Young
Oh Jun Young putra sulung Jaksa Oh (Jaksa yang selalu disetir dan berusaha dibunuh oleh Kakek Hae Woo). Kehilangan adiknya karena peristiwa tabrak lari dan yang mencintai Hae Woo sejak remaja. Seorang suami yang setia, tangguh, berkarakter baik, selalu ada di samping Hae Woo, selalu pengertian dan selalu mendampingi Hae Woo. Menurutku Oh Jun Young terlalu baik untuk Hae Woo. Kasihan dia harus menahan kesedihannya sendiri, saat melihat Hae Woo keluar dari apartemen Yi Soo. Jun Young sadar, sejak awal memang selalu ada Han Yi Soo dalam hati Hae Woo. Tapi tetap saja, hatinya terluka.
Jangan-jangan kalau Han Yi Soo tidak meninggal, Hae Woo mungkin akan meninggalkan Jun Young. Orang ini seharusnya tidak menikah dengan Hae Woo.

2. Han Yi Hyun
Anak yang kehilangan ayah dan kakak lelakinya saat masih kecil. Mendapatkan keutuhan keluarga kembali dari Detektif Byun dan istrinya. Yang menganggap pembunuh ayahnya sebagai Kakeknya sendiri, yang selalu percaya kalau kakaknya belum meninggal dan akhirnya bertemu kembali dengan kakak kandungnya. Yi Hyun hanya ingin hidup bersama kakaknya lagi, tapi kenyataannya dia harus kehilangan kakaknya untuk selamanya.

Why..????? padahal seharusnya mereka bertiga bisa hidup tenang dengan bahagia bersama, kenapa pembunuh itu masih berkeliaran? Bukankah Kakek Jo sudah dimasukkan penjara? Kenapa orang itu masih harus menjalankan perintahnya untuk membunuh Yi Soo, padahal Choi Byung Gi saja menyerah dan mengatakan tempat penyimpanan bukti itu pada Yi Soo. Why..??

3. Kim Dong Soo
Semua tahu betapa sayangnya ia pada temannya Han Yi Soo. Tapi kenapa tidak satupun yang mengatakan pada Dong Soo bahwa CEO Kim Jun yang ia temui hampir setiap hari (Dong Soo akan datang kalau CEO Kim memanggilnya, jadi mungkin tidak kerja setiap hari.) adalah teman tersayangnya Han Yi Soo???
Hae Woo tahu, Byun tahu, Yi Hyun tahu, bahkan Oh Jun Young juga tahu. Tapi kenapa ia baru tahu setelah Yi Soo tertembak (sampai menangis putus asa sambil memegang tangan Yi Soo yang didorong ke ruang operasi dalam kondisi koma.)
Kim Dong Soo hanya diperbolehkan berandai-andai. Saat Young Hee tanya, bagaimana jika Han Yi Soo masih hidup, apa yang akan kau lakukan? Dong Soo ingin melakukan semuanya bersama Yi Soo, makan, minum bersama dan traveling bersama. Jadi kenapa dia tidak diberi kesempatan. Grrrr..

 
Well, drama ini sebenarnya bagus, ceritanya selalu membuat penasaran dan meninggalkan rahasia serta misteri baru, tapi rasanya sayang setelah semua perjuangan mencari dan menegakkan keadilan itu, kenapa harus memisahkan kakak-beradik manis ini ?
Aku bahkan tidak peduli dengan hubungan Yi Soo-Hae Woo, asal Yi Soo bisa hidup tenang bersama adiknya. Sigh..

Satu lagi, memang drama ini disponsori oleh perusahaan telekomunikasi, tapi hampir setiap ep, selalu ada scene telp2an seperti ini dan itu lama-lama membosankan. Itu menurutku.

Oya, Kim Nam Gil-ssi, kenapa dikau sering sekali memilih drama dengan akhir tragis? is that your own choice? atau dikau merasa akan meninggalkan kesan kuat kalau berakhir dengan tragis?
1. Meninggal karena kecelakaan mobil dalam Be strong Geum Sun (Jadi suami Geum Sun, Noh Jung Hwan)
2. Meninggal dalam perkelahian karena ditusuk pisau - Public Enemy Returns (Mun Su)
3. Meninggal dalam teror bom di Modern Boy (Shinsuke)
4. Meninggal karena terkena panah beracun dalam Portrait of a Beauty/Min In Do (Kang Mu)
5. Meninggal karena tikaman pedang Yu Shin dalam Queen Seondeok (Bi Dam)
6. Meninggal bunuh diri dalam Lovers Vanished (Su In)
7. Meninggal karena ditembak adiknya sendiri dalam Bad Guy (Shim Gun Wook/Hong Tae Sung)
8. Meninggal lagi di Shark (Han Yi Soo)

Don't u feel sick with all the roles? everybody call u the nation's corpse. Are u okay with that?
Kuharap dia tidak akan meninggal lagi dalam film barunya Pirate (Apa ini, setelah hiu lalu bajak laut? haha...)
Finally, goodbye...Shark.
Peace ^_^

Bonus : Song from Kim Nam Gil hehehe..



Shark [1], [2], [3], [4], [5], [6], [7-1], [7-2], [8], [9], [death-ending]
Shark in a Flash 4.5 5 Beetlebum Friday, August 2, 2013 Hi guys, untuk yang tidak sempat menonton Shark sendiri di internet atau tidak sempat membaca recapn...


No comments:

Post a Comment