The Qi Siblings of Goryeo

 On Sunday, October 7, 2012  

Keluarga Qi atau Ki adalah keluarga bangsawan Goryeo terkemuka. Dua yang terkenal adalah :
1. Ki Cheol
2. Ki Ja O

1.Ki Cheol
Nama Mongolnya, Bayan Bukha. Lahir di Haengju - Goryeo
Memiliki kekuasaan besar di Goryeo. Apalagi sejak adik perempuannya, Ki Ja O diangkat menjadi istri kedua Raja Yuan terakhir.

Ki Cheol akan dihukum mati tahun 1356, berarti benar kata Eun Soo saat menjawab pertanyaan Ki Cheol tentang hari kematiannya yang dijawab sekitar 4 atau 5 tahun lagi. Karena Eun Soo tidak tahu pasti itu tahun berapa.
(Kalau itu th 1351 berarti 5 th lagi Ki Cheol akan meninggal.)

2. Ki Ja O atau Ratu Ki/Qi Empress
Nama Mongolianya : Öljei Khutugh (? - 1369/70)
Lahir di Haengju - Goryeo.
Salah satu Ratu dari Raja Toghun Temür Khan atau Ukhaantu Khan dari Dinasti Yuan. Toghun Temur adalah Raja terakhir dinasti Yuan, dia juga Raja yang sama yang disinggung dalam kisah Yi Tien Tu Lung Ci/To Liong To karya Chin Yung.

Ratu Ki adalah Ratu yang ambisius, dia menempatkan Kasim Goryeo Bak Bukhwa sebagai mata-matanya dan ingin memaksa Raja Yuan untuk menyerahkan takhta pada anak yang ia lahirkan, Ayurshiridar.
Raja Yuan tahu rencana Ratu Ki dan dia tidak terlalu menyukainya. Raja Yuan jadi menjauh dari Ratu Ki.

Toghun Temür Khan - Ayah Ratu Nogook
Sementara itu di Goryeo, Kakak Ratu Ki, Ki Cheol mencoba mengancam posisi Raja Gongmin. Raja Gongmin akhirnya membasmi keluarga Ki karena pemberontakan pada tahun 1356.
Ratu Ki marah dan memilih Tash Temur atau P. Deok Heung sebagai Raja baru Goryeo dan mengirim pasukan ke Goryeo.
Pasukan Mongol dikalahkan oleh pasukan Goryeo di sungai Yalu. Oleh siapa lagi..pasti Choi Young.


I need a reason to upload his picture again ^_^
Saat Dinasti Yuan mulai jatuh karena perlawanan Ming-kauw/kelak Dinasti Ming - Cina. Ratu Ki lari ke Yingchang. Setelah Raja Yuan meninggal, anak Ratu Ki akhirnya menggantikan ayahnya dan Ratu Ki jadi ibu suri.

Tapi kemudian Ratu Ki menghilang. Kemungkinan besar dia ditangkap oleh pasukan Ming Cina saat keluarga Raja Yuan melarikan diri. Ada mitos yang menyebutkan kalau Ratu Ki sedang hamil saat ditangkap pasukan Ming. Dia kemungkinan besar dinikahi oleh Hongwu atau Zhu Yuanzhang/Raja pertama dinasti Ming. (Tapi cerita tentang Ratu Ki yang dinikahi Hongwu ini mitos di Cina, yang aslinya tidak tahu.)

3. Ki Won
Hanya muncul dalam drama Faith, dia adik lelaki Ki Cheol. Tapi tidak jelas juga berapa sebenarnya jumlah saudara kandung Ki Cheol.
Ki Won digambarkan sebagai orang yang hanya melakukan perintah dan keinginan kakaknya, Ki Cheol. Dia terbunuh saat pasukan istana menyerang kediaman Ki.

Sources :

Qi Empress/wiki
Toghun Temur/wiki
The Qi Siblings of Goryeo 4.5 5 Beetlebum Sunday, October 7, 2012 Keluarga Qi atau Ki adalah keluarga bangsawan Goryeo terkemuka. Dua yang terkenal adalah : 1. Ki Che...


No comments:

Post a Comment